BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pendidikan
adalah proses pengubahan sikap dan perilaku
seseorang atau kelompok
dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran atau pelatihan. Pendidikan
juga harus sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi saat ini.
Dalamsistem
pendidikan sekarang peserta didik dipacu dan dilatih untuk mengembangkan
keterampilan ilmiah seperti mencari, mengumpulkan, mengamati, bereksperimen,
dan menyimpulkan data yang telah ada. Untuk meningkatkan mutu pendidikan yang
sesuai dengan tuntutan zaman tersebut, maka diperlukan peningkatan di segala
bidang misalnya terpenuhinya semua fasilitas-fasilitas penunjang pendidikan.
Dengan bantuan media pembelajaran dan sumber belajar yang sudah di siapkan
lembaga sekolah sangat berpengaruh terhadap perkembangan keterampilan peserta
didik tersebut.
Salah
satu fasilitas penunjang pendidikan yang sangat penting adalah adanya Laboratorium
di
sekolah. Tujuan pengadaan Laboratorium
di
sekolah tersebut adalah meningkatkan kemampuan praktek siswa di Laboratorium
. Laboratorium
sekolah
haruslah memenuhi standar pembelajaran di sekolah dengan kata lain harus
memperhatikan kualitas maupun kwantitas di idang fisik dan material baik itu
berupa sarana gedung, peralatan maupun bahan-bahan praktek, dan tenaga Laboratorium
yang
kesemuanya merupakan komponen penunjang pendidikan praktek siswa di Laboratorium
IPA . Laboratorium
sekolah
ada beberapa macam yaitu Laboratorium
fisika,
Laboratorium kimia, Laboratorium
biologi, dan Laboratorium
komputer. Laboratorium merupakan sumber belajar yang efektif untuk
mencapai kompetensi yang diharapkan bagi siswa. Banyak fungsi dan manfaat yang
dapa diambil dari penggunaan Laboratorium
. Oleh karena itu untuk mengoptimalkan fungsi Laboratorium
perlu
di dikelola secara baik ntuk kelancaran proses belajar mengajar.
B.
Rumusan Masalah
1. Apa itu laboratorium ?
2. Apa saja macam-macam dari laboratorium?
3. Apa saja manfaat laboratorium?
4. Bagaimana Sejarah Perkembangan Lab. IPA
SMA Negeri 1 Samaturu?
C. Tujuan
1. Untuk mengetahui apa itu laboratorium.
2. Agar dapat mengetahui berbagai macam-macam laboratorium.
3. Untuk dapat mengetahui apa saja manfaat dari laboratorium.
4. Mengetahui Sejarah Perkembangan Lab.
IPA SMA Negeri 1 Samaturu
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Laboratorium
Laboratorium
IPA merupakan suatu wadah yaitu tempat, gedung
ruang dengan segala macam perangkat keras yang diperlukan untuk kegiatan
ilmiah.
Peranan
Laboratorium IPA dalam pembelajaran adalah untuk menumbuhkan
dan mengembangkan hal-hal berikut.
1. Keterampilan
dalam pengamatan, pengukuran dan pengumpulan data
2. Kemampuan menyusun data dan
menganalisis serta menafsirkan hasil pengamatan
3. Kemampuan menarik kesimpulan
secara logis berdasarkan hasil eksperimen, mengembangkan model dan
menyusun teori
4. Kemampuan mengkomunikasikan
secara jelas dan lengkap hasil-hasil percobaan
5. Keterampilan merancang
percobaan, urutan kerja, dan pelaksanaannya
Fungsi
Laboratorium IPA adalah untuk mendukung pencapaian tujuan
pembelajaran di sekolah, sehingga kualitas hasilnya semakin meningkat.
Laboratorium
IPA difungsikan untuk memberikan penguatan dalam
rangka memperkaya dan memperdalam pemahaman peserta didik mengenai
konsep-konsep dasar IPA .
B.
Sejarah
Perkembangan Laboratorium IPA SMA Negeri 1 Samaturu
Laboratorium
IPA SMA Negri 1 Samaturu di bagun pada tahun 2008
kepala sekolah pada saat itu bapak Drs.Ustad Ahmad dan kepala Laboratorium
bapak Darman S.pd, M.MPd .pada
tahun 2012
isi Laboratorium IPA adalah
kerangka manusia, alat² praktek IPA ,meja, kursi dan lemari. Warna cat nya pada
saat itu warna putih, kuning,dan hijau itu cat bagian luar dan cat bagian dalam
berwarna putih.
Pada tahun 2018 Laboratorium
IPA di
pindahkan ke depan kelas 12 MIPA
sekarang alasannya karena memang Yang di
jadikan Laboratorium IPA dulu
adalah ruangan perpustakaan, dan kepala Laboratorium
pada saat itu Ibu Hariati.
Dan
sekarang yang menjadi kepala Laboratorium
yaitu pak darman S.Pd,M.Mpd. Adapun isi dalam Laboratorium
sekarang yaitu,Meja, kursi,lemari,
miskropskopdan alat perlekapan praktek lainnya.warna cat sekarang sama seperti
dulu yaitu cat luar kuning, putih,hijau, dan cat dalam warna putih.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Laboratorium
IPA merupakan suatu wadah yaitu tempat, gedung
ruang dengan segala macam perangkat keras yang diperlukan untuk kegiatan
ilmiah. Laboratorium IPA
SMA Negri 1 Samaturu di bagun pada tahun 2008 dan sampai hari ini sudah
mengalami berbagai macam perubahan.
B.
Saran
Sebagai peneliti, kami berharap kedepan laporan kami
bisa menjadi rujukan kepada teman teman siswa/siswi SMAN 1 Samaturu sebagai
bahan rujukan dan juga evaluasi untuk kedepannya.
DAFTAR
PUSTAKA
Amini, Risda. Pengenalan
Laboratorium IPA SD. Kediri. Diunduh pda 1 September 2022
Ichan. 2000. Petunjuk Praktikum
Konsep dasar IPA. Jakarta: UT diunduh pada 1 September 2022