sejarah
perpustakaan sma negeri 1 samaturu
kelas
x.4
bab
1
pendahuluan
A.latar
belakang
pendidikan adalah proses
sikap dan perilaku seseorang atau kelompok dalam usaha mendewasakan manusia
melalui pelajaran atau pelatihan. Pendidikan juga harus sesuai dengan
perkembangan zaman teknologi saat ini.
Dalam sistem pendidikan
sekarang peserta didik dipacu dan dilatih untuk mengembangkan keterampilan
ilmiah seperti mencari, mengumpulkan, mengamati bereksperimen dan menyimpulkan
data yang telah ada.untuk meningkatkan mutu pendidikan yang sesuai dengan tuntunan
zaman tersebut.maka diperlukan segala peningkatan di segala bidang misalnya
terpenuhinya semua fasilitas-fasilitas penunjang pendidikan. Dengan bantuan
media pembelajaran dan sumber belajar yang sudah disiapkan lemaba sekolah
sangan berpengaruh terhadap perkembangan keterampilan peserta didik tersebut.
Perpustakaan adalah suatu
tempat pengolahan segala macam informasi terekam baik dalam bentuk tercetak
maupun noncetak termasuk bahan-bahan mikromputer dan bahan hasil teknologi
canggih lainnya.unyuk kepentingan pendayagunaan bagi masyarakat luas
Aering dengan perkembangan
teknologi dan informasi, media dokumentasi informasi dan pengetahuam tidak lagi
menjadi monopoli media cetak seperti buku.Hal ini disebabkan oleh penemuan
media cetak baru untuk menyimpan informasi.
Perpustakaan masa kini
merupakan tempat penyimpanan data/atau akses ke map,cetak atau hasil seni
lainnya.mekrofilm, mikrofiche,tape audio,CD,LD,tape video dan DVD,dan
menyediakan fasilitas umum untuk mengakses gudang data CD-ROM dan internet.Oleh
karena itu perpustakaan modern telah di definisikan kembali sebagai tempat
untuk mengakses informasi dalam format apapun, apakah informasi dan itu
disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut atau tidak. Dalam perpustakaan
modern ini selain kumpulan buku cetak,sebagian buku dan koleksinya ada dalam
perpustakaan digital [dalam bentuk data yang bisa di akses lewat jaringna
komputer].
B.Rumus masalah
1.Apa itu perpustakaan?
2.Apa saja macam-macam dari perpustakaan?
3.Apa saja manfaat perpustakaan?
4.Bagaimana sejarah perkembangan perpustakaan SMA
Negeri 1 SAMATURU?
C.TUJUAN
1.Untuk mengetahui
apa itu perpustakaan?
2.Agar dapat mengetahui berbagai macam-macam
perpustakaan?
3.Untuk dapat mengetahui apa saja manfaat dari perpustakaan?
4.Mengetahui sejarah perkembangan perpustakaan SMA Negeri
1 SAMATURU?
BAB II
PEMBAHASAN
PENGERTIAN PERPUSTAKAAN
Perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan
pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi
kebutuhan intelekualitas para penggunannya melalui beragam cara interaksi
pengetahuan
Peranan perpustakaan dalam pembelajaran
adalah untuk menumbuhkan dan mengembangkan hal-hal berikut:
1.Perpustakaan Sekolah
2.Perpustakaan Perguruan Tinggi
3.Badan Perpustakaan Daerah
4.Perpustakaan Umum
5.Perpustakaan Khusus
6.Perpustakaan Lembaga Keagamaan
7.Perpustakaan Internasional
8.Perpustakaan Digital
9.Perpustakaan Pribadi
Manfaat yang di dapat dari
perpustakaan sekolah, antara lain:
1.Menimbulkan kecintaan para siswa terhadap budaya niat
membaca
2.Memperkaya pengalaman belajar selain di ruang kelas
3.Menanamkan kebiasaan belajar mandiri dan belajar
sepanjang hayat
4.Mempercepat penguasaan materi pelajaran yang di
sampaikan guru
5.Membantu guru memperoleh dan menyusun materi pelararan
6.Membantu dan menyelesaikan tugas para karyawan sekolah
7.Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
bagi seluruh aktivitas di sekolah
Sejarah perkembangan
perpustakaan SMAN 1 SAMATURU
Tahap pertama mengumpulkan
data dari berbagai sumber sebagai berikut:
Perpustakaan SMAN 1 SAMATURU
di bangun pada tahun 2008 kepala sekolah pada saat itu Drs.Ustad Ahmad dan
kepala perpustakaan adalah ibu masniah. Warna cat pada saat itu adalah hijau,biru,putih
kuning. dan buku yang di terapkan adalah buku KTSP.dulu perpustakaan berada
dibawah dimana sekarang sudah menjadi kantor dan sekarang berada di atas di
tempat LAB IPA yang dulu,warna cat yang dulu adalah warna hijau,biru,putih,dan
kuning.Kepala sekolah pada saat itu adalah bapak Drs.Ustad Ahmad dan kepala perpustakaan yang sekarang adalah
ibu MUSNAENI S.pd.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
PERPUSTAKAAN MERUPAKAN SUATU WADAH YAITU TEMPAT GEDUNG RUANG DENGAN SEGALA
JENIS BUKU YANG SANGAT DI PERLUKAN KETIKA PROSES BELAJAR MENGAJAR.PERPUSTAKAAN
SMAN 1 SAMATURU DI BANGUN PADA TAHUN 2008 DAN SAMPAI HARI INI SUDAH MENGALAMI
BANYAK PERUBAHAN. DULU MENGGUNKAN KURIKULUM 2013 DAN SEKARANG TELAH MENGGUNAKAN
KURUKULUM MERDEKA.
SARAN
Sebagai peneliti ,kami berharap kedepannya laporan kami bisa menjadi
rujukan kepada teman-teman siswa/siswi SMAN 1 SAMATURU sebagaii bahan rujukan
untuk membaca buku.
Behh mantap memang x 4
BalasHapus