Sejarah Laboratorium IPA SMAN 1 Samaturu Kelas X.4

Admin | |

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Pendidikan adalah proses pengubahan sikap  dan  perilaku  seseorang atau kelompok dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran atau pelatihan. Pendidikan juga harus sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi saat ini.

Dalamsistem pendidikan sekarang peserta didik dipacu dan dilatih untuk mengembangkan keterampilan ilmiah seperti mencari, mengumpulkan, mengamati, bereksperimen, dan menyimpulkan data yang telah ada. Untuk meningkatkan mutu pendidikan yang sesuai dengan tuntutan zaman tersebut, maka diperlukan peningkatan di segala bidang misalnya terpenuhinya semua fasilitas-fasilitas penunjang pendidikan. Dengan bantuan media pembelajaran dan sumber belajar yang sudah di siapkan lembaga sekolah sangat berpengaruh terhadap perkembangan keterampilan peserta didik tersebut.

Salah satu fasilitas penunjang pendidikan yang sangat penting adalah adanya  Laboratorium     di sekolah. Tujuan pengadaan  Laboratorium     di sekolah tersebut adalah meningkatkan kemampuan praktek siswa di  Laboratorium    .  Laboratorium     sekolah haruslah memenuhi standar pembelajaran di sekolah dengan kata lain harus memperhatikan kualitas maupun kwantitas di idang fisik dan material baik itu berupa sarana gedung, peralatan maupun bahan-bahan praktek, dan tenaga  Laboratorium     yang kesemuanya merupakan komponen penunjang pendidikan praktek siswa di  Laboratorium   IPA .  Laboratorium     sekolah ada beberapa macam yaitu  Laboratorium     fisika,  Laboratorium     kimia,  Laboratorium     biologi, dan  Laboratorium     komputer.   Laboratorium     merupakan sumber belajar yang efektif untuk mencapai kompetensi yang diharapkan bagi siswa. Banyak fungsi dan manfaat yang dapa diambil dari penggunaan  Laboratorium    . Oleh karena itu untuk mengoptimalkan fungsi  Laboratorium     perlu di dikelola secara baik ntuk kelancaran proses belajar mengajar.

 

B. Rumusan Masalah

1.         Apa itu laboratorium ?

2.         Apa saja macam-macam dari laboratorium?

3.         Apa saja manfaat laboratorium?

4.         Bagaimana Sejarah Perkembangan Lab. IPA SMA Negeri 1 Samaturu?

 

C.  Tujuan

1.         Untuk mengetahui apa itu laboratorium.

2.         Agar dapat mengetahui berbagai macam-macam laboratorium.

3.         Untuk dapat mengetahui apa saja manfaat dari laboratorium.

4.         Mengetahui Sejarah Perkembangan Lab. IPA SMA Negeri 1 Samaturu

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

A.                Pengertian  Laboratorium    

 Laboratorium     IPA  merupakan suatu wadah yaitu tempat, gedung ruang dengan segala macam perangkat keras yang diperlukan untuk kegiatan ilmiah.

Peranan  Laboratorium     IPA  dalam pembelajaran adalah untuk menumbuhkan dan mengembangkan hal-hal berikut.

1.   Keterampilan dalam pengamatan, pengukuran dan pengumpulan data

2. Kemampuan menyusun data dan menganalisis serta menafsirkan hasil pengamatan

3. Kemampuan menarik kesimpulan secara logis berdasarkan hasil eksperimen, mengembangkan model dan menyusun teori

4. Kemampuan mengkomunikasikan secara jelas dan lengkap hasil-hasil percobaan

5. Keterampilan merancang percobaan, urutan kerja, dan pelaksanaannya

Fungsi  Laboratorium     IPA  adalah untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran di sekolah, sehingga kualitas hasilnya semakin meningkat.

 Laboratorium     IPA  difungsikan untuk memberikan penguatan dalam rangka memperkaya dan memperdalam pemahaman peserta didik mengenai konsep-konsep dasar IPA .

 

 

 

B.                 Sejarah Perkembangan  Laboratorium     IPA  SMA Negeri 1 Samaturu

 Laboratorium   IPA  SMA Negri 1 Samaturu di bagun pada tahun 2008 kepala sekolah pada saat itu bapak Drs.Ustad Ahmad dan kepala  Laboratorium    bapak Darman S.pd, M.MPd .pada tahun 2012 isi  Laboratorium     IPA  adalah kerangka manusia, alat² praktek IPA ,meja, kursi dan lemari. Warna cat nya pada saat itu warna putih, kuning,dan hijau itu cat bagian luar dan cat bagian dalam berwarna putih.

Pada tahun 2018  Laboratorium     IPA  di pindahkan ke depan kelas 12 MIPA  sekarang alasannya karena memang Yang di jadikan  Laboratorium     IPA dulu adalah ruangan perpustakaan, dan kepala  Laboratorium    pada saat itu Ibu Hariati.

Dan sekarang yang menjadi kepala  Laboratorium    yaitu pak darman S.Pd,M.Mpd. Adapun isi dalam  Laboratorium    sekarang yaitu,Meja, kursi,lemari, miskropskopdan alat perlekapan praktek lainnya.warna cat sekarang sama seperti dulu yaitu cat luar kuning, putih,hijau, dan cat dalam warna putih.

 



 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

A.                Kesimpulan

 Laboratorium     IPA  merupakan suatu wadah yaitu tempat, gedung ruang dengan segala macam perangkat keras yang diperlukan untuk kegiatan ilmiah.  Laboratorium   IPA  SMA Negri 1 Samaturu di bagun pada tahun 2008 dan sampai hari ini sudah mengalami berbagai macam perubahan.

 

B.     Saran

Sebagai peneliti, kami berharap kedepan laporan kami bisa menjadi rujukan kepada teman teman siswa/siswi SMAN 1 Samaturu sebagai bahan rujukan dan juga evaluasi untuk kedepannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Amini, Risda. Pengenalan Laboratorium IPA SD. Kediri. Diunduh pda 1 September 2022

Ichan. 2000. Petunjuk Praktikum Konsep dasar IPA. Jakarta: UT diunduh pada 1 September 2022

 

0 Comments for "Sejarah Laboratorium IPA SMAN 1 Samaturu Kelas X.4"

Silanhkan di Komentar